REVIEW CLODI: WOW! Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM Bisa Dipakai Sebagai Clodi Tipe Cover Juga, AMAZING!


Banyak yang curhat katanya susah banget nyari Universal Cover ECOBUM lantaran kehabisan dan sold out dimana2, mereka bertanya clodi apa yang bisa menjadi pengganti Universal Cover ECOBUM namun memiliki kualitas yg setara dan harganya terjangkau. Nah di postingan saya kali ini, akan saya beberkan kelebihan Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM yang mungkin belum banyak disadari oleh para mommy secara terperinci.
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM merupakan clodi tipe pocket yang paling saya suka diantara koleksi saya lainnya, saya suka cover dan insert ecobum, desain covernya perfect dan insert bamboo ecobum daya tampungnya top bahannya mirip insert bamboo blueberry namun dengan selisih harga yg sangat jauh, sedangkan yang saya suka dr clodi blueberry hanya insert bamboonya saja, kalau cover blueberry menurut saya biasa aja jika dibandingkan dengan ecobum, masih lebih bagus desain cover ecobum.

Apa yang membuat Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM begitu istimewa dan membedakannya dari clodi pocket merek lainnya?!
Brand lokal yang didesain khusus dan inovatif, info produk dan reseller disini
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM memiliki double leg gusset yang biasanya hanya dimiliki oleh clodi tipe cover tertentu saja, apa itu double leg gusset dan fungsinya?!
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM memiliki double leg gusset memiliki proteksi maksimal dari kebocoran
Double leg gusset merupakan leg gusset ekstra (tambahan) yang berada di paha bagian dalam, bahan double leg gusset ecobum terbuat dari elastik yang sangat lembut sehingga ketika clodi ecobum dipakai di bagian paha benar-benar rapat (pas) so anti bocor samping dan nyaman di kulit anak. Double leg gusset clodi ecobum berfungsi sebagai perlindungan ganda dari kebocoran samping, itu sebabnya mengapa ketika anak saya memakai clodi ecobum tidak mengalami bocor samping sekalipun bobonya miring dan super aktif. Pup juga tidak beleber keluar kemana-mana sekalipun anak pupnya banyak or encer minimal hanya membasahi karet double leg gusset bagian dalamnya saja.
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM benar2 pas di paha, anti bocor samping seaktif apapun!
Keuntungan lainnya, clodi ecobum mudah dibersihkan dari kotoran pup, berbeda halnya jika membersihkan kotoran pup di clodi dengan inner gusset, seperti sobi atau minikinizz maka biasanya kotoran pup ada yang nyangkut di kerutan inner gusset, butuh tenaga ekstra untuk membersihkannya, biasanya saya harus mengulur2 karet inner gusset supaya kotorannya yang nyelip lepas. Nah kalo pake clodi ecobum seneng banget nyucinya karena gampang bersihinnya, tinggal semprot aj pake selang sambil dipencet sampe airnya kenceng, bahkan dengan disiram gayung pun cukup mudah dibersihkan, asik kan?! ga perlu deg-degan anak nge-pupin clodi, he..
clodi dengan inner gusset lebih sulit dibersihkan karena kotoran pup sering nyangkut di kerutan inner gusset
Double leg gusset ecobum berbeda dengan double leg gusset pada clodi tipe cover pada umumnya, sebut saja cover merk blueberry, bebibum, nvme, bestbottom, dll kebanyakan double leg gussetnya terbuat dr PUL berelastik sehingga agak keras/ kaku tidak bisa fit dipaha anak dan mudah melar, beda dengan double leg gusset ecobum, ecobum menggunakan double leg gusset dari karet elastik yang lembut dan lentur mirip seperti bahan elastik double leg gussetnya cover guirella fluff (sebijinya tanpa prefold @250ribu), benar2 pas (fit) dipaha, terasa nyaman dan mencegah kebocoran lebih efektif.
Clodi pocket biasa yang hanya memiliki leg gusset, hanya efektif cegah bocor selama karet elastiknya masih bagus
Berdasarkan pengalaman memakaikan clodi ketiga anak saya sejak newborn hingga toilet training, clodi ecobum dengan double leg gusset lebih efektif mencegah bocor daripada clodi biasa yang hanya memiliki inner gusset atau hanya leg gusset saja. Saya biasanya memakai liner supaya clodi lebih mudah dibersihkan dan supaya warna inner lebih awet, dengan begitu adanya inner gusset sama sekali ga ngefek buat saya sebab inner gusset akan ketiban liner, sekalipun ga pake liner pun menurut saya inner gusset ga begitu efektif, malah bikin risih di kulit anak terutama inner gusset yang berbahan suede karena kerutannya agak kaku/ keras jd lebih terasa di kulit jika dibandingkan inner gusset dr bahan fleece (fleece lebih lentur dan lembut drpd suede).


Double leg gusset ecobum memiliki ketinggian yang maksimal skitar 4 cm sehingga selain efektif menahan pup yang banyak atau urin yang menunggu terserap (baru keluar saat pipis), ternyata juga membuat Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM menjadi begitu istimewa dan layak sekali dikoleksi, kenapa? karena clodi ecobum ini multifungsi banget, selain bisa dipakai sebagai tipe pocket juga jadi bisa dipakai sebagai tipe cover layaknya clodi cover ecobum tipe universal cover sekalipun menggunakan insert double atau prefold yang tebal, double leg gusset ecobum masih mampu menutup ketebalan insert yang dipakai, so kalo clodinya di jemuran belum ada yang kering maka clodi ecobum ini abis dipakai sebagai tipe pocket dan masih bersih/ kering bisa tu dipakai sebagai cover, irit banget ya, dasar emak-emak he...
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM dipakai sebagai clodi tipe Pocket
Tapi Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM memang tetap tidak bisa menyamai Universal Cover (UC) ECOBUM sepenuhnya khususnya dari segi covernya UC lebih cepet kering dan ga perlu stripping karena UC tidak memiliki inner stay dry bagian dalamnya seperti clodi tipe pocket, inner suede dapat menampung endapan residu detergen / uruin yg tidak terbilas sempurna saat dicuci di pori2/ serat kainnya. Inner dan insert clodi mampu menampung residu detergen sehingga jika residu sudah penuh maka akan menutup pori2 serat kain sehingga inner ataupun insert tidak mampu memnyerap cairan dengan sempurna malah sering jadi kaku (bayangkan seperti baju yang dijemur namun pembilasan kurang bersih maka baju kadang jadi kaku seperti keripik), clodi pun menurun daya serapnya dan sering bocor, mudah bau pesing bahkan menyebabkan ruam popok Solusinya: Cucilah clodi dengan ECOWASH laundry ball bukan pakai detergen, karena mencuci dengan ECOWASH laundry ball tidak meninggalkan residu detergen didalam serat kain insert dan inner clodi sehingga clodi tidak perlu distripping, insert clodi jadi lembut, bebas bau pesing dan apek, sangat cocok dipakai untuk mencuci di musim ujan yang sinar mataharinya malu-malu. Ingat, cover kan harus dijemur ditempat yang teduh berangin supaya lapisan PUL waterproofnya awet ga mudah delaminasi (keriting/ retak/ mengelupas penyebab rembes/bocor) jadi kalau nyuci cover pakai ECOWASH laundry ball yang efektif menghilangkan bau maka cocok banget karena cucian yang ga dijemur dibawah terik matahari apalagi tempat jemurnya ada didalam ruangan (indoor) biasanya cucian jadi bau apek atau kecing. Cerita selengkapnya nanti bisa dibaca dipostingan saya berikutnya

Apabila clodi digunakan sebagai tipe cover, dimana insert/ prefold/ bahan penyerap lainnya (alas ompol, kaos, dll) diletakan diatas inner (ON TOP) maka supaya insert tersebut lebih mudah dibersihkan dan kulit anak merasa kering (stay dry) maka letakan sehelai liner berbahan fleece atau suede. Ingat, insert atau bahan penyerap umumnya tidak memiliki lapisan stay dry (bahan fleece atau suede) sehingga kulit anak tidak akan merasakan sensasi kering, berbeda halnya dengan clodi pocket yang memiliki inner. Ada beberapa anak yang mudah merasa risih dengan rasa lembab dan sensitif (ruam), tetapi ada juga yang kulitnya seperti "gatot kaca atau srikandi" he.. nah anaknya jenis kulit apa ni?! he.. amannya sebaiknya tetap pakai liner stay dry, minimal hati tenang demi kenyamanan anak dan irit energi saat nyuci. Liner stay dry ada dua macam, yaitu dari bahan fleece dan suede. Saya lebih suka liner stay dry yang terbuat dari bahan suede karena lebih cepet menyerap cairan dan lebih terasa kering (stay dry) dibandingkan fleece.
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM dipakai sebagai clodi tipe Cover seperti Universal Cover ECOBUM.  Letakan insert diatas (On Top) inner suede. Ilustrasi memakai insert hemp. Gunakan tanpa liner jika dipakai selama toilet training.
Original ECOBUM dipakai sebagai cover, letakan insert diatas (On Top) inner suede. Gunakan liner stay dry diatas insert saat dipakai sbg diaper.
Karena insert mikrofiber, hemp, bamboo, prefold cotton, dan flat (muslin atau kain tetra) tidak memiliki sifat stay dry, seperti bahan fleece dan suede, maka saat digunakan sebagai diapers (berjam2 lamanya, lebih dr 1x pipis) tambahkan selembar liner washable atau bioliner (liner biodegradable/ mudah diurai) diatas insert/ soaker pad spy kulit bayi tetap nyaman merasa kering (stay dry). Supaya go green saya menyarankan untuk menggunakan liner washable karena bisa dicuci pakai kembali.
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM dipakai sebagai clodi tipe Cover seperti Universal Cover ECOBUM
dengan penyerap prefold dipakai sebagai diaper fold dan snappi seperti fitted diaper

Setiap pembelian 1 paket Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM, berisi:

1 pc cover pocket ecobum
2 pcs insert

Dilengkapi petunjuk manual: cara pakai serta cara cuci dalam wadah waterproof dengan zipper sehingga dapat digunakan kembali sebagai wadah untuk kosmetik atau wet bag saat travelling.

Harga:
Paket insert micro: Rp 105.000/ pcs (Motif Minky), Rp 99.500/ pcs (MotifPUL) berisi 2 insert mikrofiber: ukuran long 2folded 2lapis & ukuran reg/short 3lapis

Paket insert bamboo cotton: Rp 125.000/ pcs (Motif Minky), Rp 120.000/ pcs (Motif PUL) berisi 2 insert bamboo: ukuran long 3folded 2lapis & ukuran reg/short 4lapis

Paket insert hemp: Rp 130.000/ pcs (Motif Minky), Rp 125.000/ pcs (Motif PUL) berisi 2 insert hemp ukuran reg/short 4lapis

Bagian Luar (outer) Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM
Bagian Luar (outer) MINKY Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM merupakan clodi tipe pocket one size, artinya clodi ini bisa dipakai sejak newborn dengan bobot/ berat badan (BB) minimal 2.9 atau 3 kg (ideal dengan postur bayi Indonesia) hingga umur 4 tahun dengan bobot/ berat badan (BB) mencapai 17-18 kg, dapat diatur dalam 3 ukuran ketinggian paha (rise snap) yaitu S, M dan L, Oia range tadi perkiraan berdasarkan pengalaman saya selama ini ya, pd anak lainnya hasilnya bisa saja jd bervariasi tergantung postur anak mommy, anak saya umur 3 tahun 8 bulan BB 16 kg masih pakai rise snap di size M dan masih menyisakan 3 baris snap pinggang. Clodi ecobum memiliki desain snap pengatur lingkar pinggang 2 baris (double row) seperti snap pinggang pd blueberry, rumparooz, dan bumgenius, sehingga mudah dipasang, lebih rapi saat dipakai, dan lebih stabil dalam mencegah wing drop daripada clodi one row seperti babyland, sobi versi lama, cluebebe. Sebelumnya  desain Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM memiliki hip snap sama seperti UC tapi yang terbaru sudah tidak ada dengan alasan supaya tidak sakit jika hip snap menekan kulit pada anak yg besar. Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM setahu saya pada awal produksinya sempat launching closure velcro, namun saat ini sepertinya hanya snap saja, untuk kualitas snapnya menurut saya kuat dan tidak mudah lepas jd tidak kuatir tetiba lepas sendiri.
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM trim fitting, slim, ga bulky, dan anti bocor.
Cutting/ pola Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM standar dan ergonomis, di bagian perut clodinya berkontur melengkung mengikuti bentuk perut sehingga ketika dipakai oleh anak jadi benar2 pas di perut dapat mencegah bocor di area perut, rapi, dan slim ga bulky. Semakin fungsional karena ditambah fitur cross-over snap yang bisa digunakan oleh bayi baru lahir dengan lingkar pinggang sangat kecil (tiny newborn).

Lapisan PUL waterproofnya tebal, kuat, dan tahan banting namun lembut dan tidak kaku serta memiliki kualitas print (cetak) yang baik. Ketebalan PUL nya menurut saya lebih bagus dari clodi pabrikan china kebanyakan. Perbedaan clodi minky dan pul bisa cek kesini ya!

Bagian Luar (outer) Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM
Bagian Luar (outer) Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM
Inner Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM dari material suede, bahan suede memiliki karakteristik lebih cepat menyerap/ meneruskan cairan dan lebih terasa kering (stay dry) daripada bahan fleece, dimana sebagian besar/ umumnya clodi lokal memakainya. Inner suede ecobum bagus, lembut, cukup tebal dan cepat menyerap cairan.

Desain pocket Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM  lebar sehingga sangat leluasa ketika memasang dan melepas insert, tidak kuatir saat anak pup insert yang terkena noda pup akan nempel dimana2. Bagian dalam pocket memiliki flap yang berfungsi mengunci atau menutup insert supaya insert tidak menjulur keluar atau ngablak, mencegah agar kulit tidak bersentuhan dengan insert yang basah, rembes di area punggung, dan mencegah kotoran pup masuk kedalam pocket.

Umumnya double leg gusset HANYA ada di fitur clodi tipe cover, tetapi berbeda halnya dengan Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM, SEMUA CLODI produksi ECOBUM INDONESIA memiliki double leg gusset yang tinggi sehingga semua clodi ecobum multifungsi bisa dipakai sebagai cover (hybrid system), UC dan clodi pocket bisa dipakai sejak newborn. Baru clodi pocket ecobum yang seperti ini!

Berikut CARA PAKAI Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM:
Dalam video tutorial cara pakai clodi pocket original snap ecobum, modelnya adalah bayi berumur 11 hari dengan berat badan 3,5 kg size S, ini memperlihatkan bahwa bayi baru lahir/ newborn (0-30 hari) sudah bisa memakainya dengan slim, tight fitting, dan tidak bulky.

Untuk cara pakai clodi lainnya bisa liat langsung di channel youtube ecobum indonesia disini

Kualitas insert dan daya tampungnya sangat baik, untuk pemakaian yang lama (bobo malam) bisa menggunakan insert hemp atau bamboo. Karakter bahan insert bamboo dan hemp mirip insert blueberry. Dengan kualitas yang sangat baik, harga Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM sangat terjangkau, secara matematis harganya jika dibandingkan dengan clodi lokal lainnya masih wajar dan murah, karena clodi lokal kan sebagian besar insertnya mikrofiber hanya 1 biji sedangkan kemampuan dan kualitas insert mikrofiber jauh dibawah dari insert bamboo dan hemp.

Berdasarkan pengalaman saya selama bertahun-tahun berclodi ria, saya lebih memilih insert dari bahan alami bamboo cotton, hemp cotton, dan prefold cotton, seperti insert dan prefold ecobum, blueberry, swaddlebees, bestbottom, Mengapa? Jawabnya karena natural material lebih baby friendly, hipoalergenik tidak mudah menyebabkan ruam, lembut, daya tampung byk, dan adem. Jika pakai insert yg memiliki daya tampung yg tinggi maka untuk mencapai titik jenuh (insert penuh) akan membutuhkan waktu yang lama sehingga bisa dipakai sepanjang malam tanpa kuatir bocor ataupun ruam atau ga repot sering-sering ganti popok tiap jam karena kuatir kulit bayi/ anak ruam. Jika insert daya tampung pas-pasan maka wajib disiplin utk ganti popok sesering mungkin apalagi anak heavywtter atau sudah besar maksimal bgt 1-2 jam karena kapasitas 1 insert mikrofiber 3 lapis size reguler clodi lokal atau pabrikan china kualitasnya standar kebawah seperti babyland jauh dibawah material alami apalagi mikrofiber punya efek kompresi jika sudah penuh dan anak duduk maka insert mikro akan seperti handuk diperas, urin yg sudah terserap akan keluar bs refluks menembus inner menyebabkan kulit lembab/ basah, rembes atau bocor, jika berlangsung lama kulit risiko tinggi mengalami ruam, apalagi jika insertnya sudah penuh residu detergen, bayangkan jika kaki kita direndam di air detergen berjam-jam lamanya, bisa iritasi atau bahkan kutu airan kan?!he.. so apalagi kulit bayi atau anak yg masih lembut dan sensitif. Insert mikrofiber dari serat sintetis memang bersifat lebih tahan banting dan awet tapi daya tampung tidak lebih banyak dibanding bahan alami bamboo cotton,hemp atau prefold alias sedikit selain itu mikrofiber lebih mudah menampung residu detergen sehingga lebih mudah bau pesing dan memicu ruam.

Kekurangannya untuk Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM menurut saya tidak ada, perfectlah yaaaa...
Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM benar2 pas di paha, anti bocor samping seaktif apapun!
Desain highly effective, kualitas jahitan rapi dan apik terutama pada bagian pocket dan double leg gusset. Clodi Pocket Original SNAP ECOBUM Pretty Much Perfect! Highly Recommend!

PS: Karena jaman sekarang sudah banyak menjamur berbagai merek2 clodi buatan China, tapi meskipun sama2 pabrik tempat buatnya di China ternyata desain dan kualitas material bisa sangat jauh berbeda karena belum tentu pabrik dan bahannya sama! Inget lho, kalo clodi merek luar negeri yg terkenal baik dari Singapura dan USA yang pabrik tempat buat dan resources bahannya dari China juga banyak tapi kualitasnya OKE2 kan?! Nah, oleh karena itu disini penting banget kita sebagai konsumen banyak baca review clodi dari berbagai blog dan forum baik dalam maupun luar negeri sebelum memutuskan untuk membeli. So, be smart buyers, Moms!

4 comments:

  1. Izin menyertakan link sebagai rujukan review dan foto produk in use.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi AsiBayi, Boleh saja menggunakan tulisan dan foto saya dengan catatan WAJIB menyertakan link ya, terima kasih.

      Delete
    2. Sudah mba, mohon dikoreksi siapa tahu ada yg salah. Maklum tulisan laki2 yg belum punya pengalaman sama sekali makein popok/clodi. Hasil kira2. He he he.

      Terima Kasih,
      Anas

      Delete
    3. he.. begitu ya pak, okey deh.. terima kasih kembali, Pak Anas @asibayi.com, kapan2 klo belanja boleh donk ya didiskon, he...

      Delete

 
Review berbagai merk clodi Blog Design by Ipietoon