REVIEW CLODI ECOBUM COVER: PRAKTIS, IRIT, DAN ANTI BOCOR SAMPING!

 Masih jadi aktifis clodi kejar tayang?!
Coba pakai clodi tipe cover sebagai solusi hemat bunda cerdas.


Hai bunda, apakah saat ini lagi mencari review popok kain yang cocok dipakai untuk newborn bahkan sampe anak pinter pop & pip di toilet?! atau...
Popok tali
Sedang mencari perlengkapan bayi baru lahir sbg persiapan menyambut kelahiran sang buah hati?!

Well, kalo jaman dlu orang tua kita atau bahkan kita sendiri masih pake popok model convensional seperti popok tali atau popok tali plastik untuk wrap (cover) dengan handuk sebagai penyerapnya. Tapi kelemahan popok convensional berupa popok tali tidak mampu menampung pipis dengan baik, pipis akan tercecer kemana-kemana dan tembus membasahi pakaian bayi, alas ompol dan perlak sehingga cucianpun akan menggunung, sementara ibu baru harus pandai membagi waktu dan energi untuk menyusui, masak, dan aktifitas lain selain mencuci. 

Jika menggunakan popok tali plastik maka si plastik rawan sobek dan hanya bisa dipakai beberapa kali saja, selain itu biasanya lebih mudah pesing dan memicu ruam karena plastik tdk breathable sehingga kulit panas/ pengap tdk bs "bernafas". Dengan alasan tersebutlah, maka kini dibutuhkan popok modern yang sehat dan lebih praktis.
Popok plastik tali sebagai wrap (cover)

Kini hadir di Indonesia popok modern dg kualitas bagus dan harga terjangkau dr ECOBUM tipe cover yang dipaketkan dengan prefold (kain penyerap) seperti kebanyakan brand import USA yang harganya diatas 200 ribu (hanya cover belum termasuk prefold). Cara pakainya sebagai berikut:
Cara pakai prefold ecobum (ada pada kemasan ecobum)
Cara pakai cover ecobum (ada pada kemasan ecobum)
So, skrg sudah tau kan ada clodi cover ecobum yang bisa jd alternatif solusi dari problem popok kain konvensional. Yuk dibaca review saya dibawah ini untuk mendapatkan info lebih lanjut ttg ecobum.

Kali ini saya mau me-review clodi ecobum, salah satu clodi yang jadi favorit dan andalan saya, baik untuk pemakaian di siang hari atau saat bobo malam. Kalau biasanya saya atau bahkan kebanyakan ibu2 memilih clodi tipe pocket untuk malam hari, tapi kali ini berbeda, saya memilih clodi tipe cover dari ecobum sbg opsi lain sebagai andalan untuk night use, mengapa?! hihi, jawabannya dibawah ya ibu-ibu...
ini dia logo ecobum, manis ya?! 
Brand lokal baru yang layak untuk dicoba.
Apa alasan saya memilih brand lokal clodi ECOBUM tipe cover?
Karena saya mencari clodi yang irit, murah, perawatan mudah, hipoalergenik, cepat kering, praktis, dan berkualitas baik. Selain itu, jg karena tertarik dengan desainnya yang saya rasa belbum dimiliki oleh clodi lokal tipe cover lain, seperti double double leg gusset dengan karet elastik berwarna putih, memiliki 2 flap dari material 100% PUL, cover ecobum isi paketnya bukan dengan insert pada umumnya, tetapi dengan unbleached cotton prefold seperti clodi tipe cover merk2 USA seperti econobum, blueberry coverall/ capri, flip, bummis, dll. Unik dan menarik, bukan?!
Perbandingan cover lain dengan ecobum sebagai referensi
Mungkin bagi sebagian ibu ragu untuk mencoba brand baru dengan alasan kuatir anak atau si ibu tidak cocok/ sreg, cari aman, info/ ilmu yang dimiliki sgt terbatas, kuatir jika kualitas clodi mengecewakan, dan alasan lainnya. Hal itu biasanya dialami oleh ibu yang baru mau memulai berpopok kain dan newbie dalam perclodian karena belum mengetahui ritme penggantian popok, cara perawatan, dan fitur apa saja yang semestinya dimiliki oleh sebuah clodi agar memiliki nilai kemanfaatan yang tinggi, seperti tidak mudah bocor, risiko ruam minim, material bagus, irit, dan harga murah. Jadi, salah satu cara yang mudah untuk memilih clodi yang tepat adalah dengan memperhatikan fitur dan desain yang dimiliki oleh suatu clodi. Itulah mengapa saya bisa langsung menjatuhkan pilihan kpd clodi ecobum cukup hanya melihat fitur dan alhamdulillah sesuai dengan prediksi saya, hasilnya memuaskan dan spt yg saya harapkan.


Review clodi UNIVERSAL COVER ECOBUM dan onesize unbleached cotton prefold
Kemasan ecobum ekslusif dan berkelas
Setiap pembelian 1 paket clodi cover ecobum, berisi:
1 universal cover
1 pc prefold unbleached cotton prefold size premium (onesize)
Dilengkapi petunjuk manual: cara pakai serta cara cuci prefold dan cover secara terpisah yang dikemas dalam wadah waterproof dengan zipper sehingga dapat digunakan kembali sebagai wadah untuk kosmetik atau wet bag saat travelling.
Harga: IDR 85.000
 
Isi paket pembelian clodi cover ecobum
Clodi cover ecobum benar-benar memuaskan, selama dipakai tidak tembus ataupun bocor samping karena memiliki double leg gusset (karet paha ganda) dengan karet elastis yang kuat dan lembut sehingga benar-benar pas di paha dan nyaman dipakai. Meskipun si dedek pupnya banyak dan encer sekalipun ga akan luber atau tembus keluar, amazing!
Universal cover ecobum motif turtle

Cover ecobum dipake bener2 pas di paha dan di perut, slim, ga bulky dan ga bocor!
Yang membedakan double leg gusset pada clodi cover ecobum dengan double leg gusset clodi cover lainnya, yaitu karet elastik ecobum yang berwarna putih sekalipun ga senada dengan lis tepinya tapi justru ini nilai plus tersendiri karena justru jd benar-benar pas dan fit ke paha, jika bunda memiliki clodi cover spt coverall blueberry, rumparooz, econobum, bebibum, atau nvme silahkan bandingkan bagian double leg gusset cover clodi tersebut yang berwarna dengan ecobum maka bunda akan merasakan perbedaannya, karetnya cenderung lebih kaku dan keras kurang fit dan tidak selembut ecobum. Selain itu ecobum memiliki double leg gusset yang tinggi sekitar 3 cm sehingga lebih efektif mencegah kebocoran karena lebih baik dalam menahan pup dan pipis yang banyak.

perbedaan double leg gusset cover ecobum dan cover lainnya
Kelebihan clodi ecobum tipe cover adalah kita dapat memakai covernya berkali-kali selama covernya masih bersih (tidak basah atau kena pup), bunda cukup mengganti soaker padnya (prefold) saja, lebih praktis, mudah, dan efisien! Tidak perlu kuatir jika kehabisan prefold, sebab bunda dapat memanfaatkan bahan penyerap apa saja yang ada dirumah, seperti kaos bekas, jaket cotton fleece/ kaos, alas ompol, bedong/ flanel, insert, handuk, dll krn cover ecobum didesain universal alias bisa memakai pengganti prefold dengan bahan penyerap apa saja dan karena semua bodynya terbuat dr PUL (flap dr PUL bukan bahan suede dan fleece) maka kalo dijemur cepet kering, iriiiit! Jadi, ga perlu kuatir lagi kehabisan clodi terutama saat musim hujan, say good bye gelar aktifis clodi kejar tayang, hehe.. berasa banget betapa hematnya pake clodi cover ecobum, cucian jd berkurang so jd lebih hemat tenaga, waktu, dan air. So, kata siapa clodi mahal?! coba deh cover ecobum, murah, irit dan anti bocor samping, bener-benar berkualitas.

Flap ecobum ada 2 dibagian perut dan bokong, flap dari PUL
Senangnya lagi, cover ecobum nyaman dipakai karena benar-benar slim dan trim fitting (pas banget di body), bagian perut ergonomis mengikuti bentuk perut meskipun pake closure snap tapi ke perut pas g longgar alias singset. Desainnya benar2 pas dipaha dan diperut so ga kan bikin bocor, apalagi cover ecobum dilengkapi dengan flap 2 buah so mencegah prefold (saat dipake sbg soaker pad/ insert) menyembul keluar yg dpt menyebabkan bocor di area perut dan punggung. 

 
Flap dari PUL

Selain itu, karena double leg gusset dan flapnya dari PUL kan bahannya licin dan halus jadi gampang banget membersihkan noda pup cukup semprot pake jets spray/ kran beraliran tinggi langsung rontok. Snapnya pun kuat spt snap blueberry jadi g mudah lepas tiba2 seperti snap covernya bebibum atau mudah dilepas anak. Snap yang kuat tanda kalo PUL nya lembut banget, kuat dan bagus, karena kalo pul ringkih dan jelek mesti g bisa dipakein snap yang kuat karena pasti pulnya sobek, jebol atau snap gampang lepas karena pulnya melar. Menurut saya PUL ecobum mirip dengan PUL blueberry deluxe

Tips merawat lapisan waterproof dan elastis cover agar awet:
- Jemur cover ditempat yang teduh berangin atau jika jemuran diluar rumah maka jemur saat teduh yaitu pagi hari dibawah jam 9 dan sore hari diatas jam 4, jangan jemur dibawah panas terik matahari langsung karena dapat merusak lapisan laminasi waterproof, seperti retak atau pecah yang dapat menyebabkan rembes/ bocor. Terutama untuk clodi tipe cover tanpa inner atau shell yang langsung nampak bagian PUL nya atau bagian double leg gusset, seperti ecobum, blueberry, nvme, dll maka perawatannya harus tepat dan hati2 jangan sampai terpapar panas, disikat, atau digosok-gosok bagian PUL nya.
- Jauhkan cover dari sumber panas, seperti air panas, setrika, genteng panas, batu panas, atau jemuran aluminium yang panas karena terpapar sinar matahari yang panas terik.
- Jemur cover yang basah dengan posisi horisontal/ dry flat (seperti ini ----) bukan dry line atau vertikal/ berdiri seperti ini (I), ingat gaya gravitasi posisi jemur dry line menyebabkan air akan jatuh mengikuti gaya gravitasi kebawah sehingga karet akan tertarik kebawah dan lama-kelamaan elastisitasnya dapat menurun.
- Untuk clodi tipe cover (tidak berinner) maka tidak perlu merendam cover dengan detergen, langsung cuci cover dengan sedikit sabun cair yang lembut, elus-elus dan jemur tanpa diperas.
- Jangan peras PUL pada cover, rawatlah lapisan laminasi PUL pada cover dan bayangkan seperti kita merawat lapisan laminasi pada ID card/ KTP.
Cara Merawat Clodi, sumber: ecobum

Oia, prefold apa si? sepertinya masih banyak yang belum mengetahui prefold sebab kebanyakan clodi yang dijual (terutama brand lokal) paketnya berisi insert mikrofiber seperti handuk berukuran standar (pendek). Berbeda dengan cover lokal umumnya yang paketnya berisi dengan insert, ecobum paketnya berisi prefold seperti cover brand USA, prefold ecobum sangat lembut terbuat dari unbleahed cotton so jangan kaget ya kalo pertama melihat bentuk prefoldnya berwarna kecoklatan bintik2 kehitaman dan berbau khas itu bukan karena bulukan, apek, atau jamuran tapi menandakan bahwa serat cottonnya tidak diputihkan, lebih bagus krn bebas zat kimia pemutih, serat lebih halus & akan mengembang lebih baik. 

Prefold ecobum setelah dicuci akan menyusut dan mengembang (fluffy)





Kelebihannya prefold apa? Prefold ecobum seratnya ditenun sehingga sebelum dicuci tampak tipis namun akan mengembang (fluffy) gembul mendut2 (bahasanya ga kuku.... hehehe), semakin sering dicuci maka daya serap dan daya tampungnya akan semakin bertambah, inilah salah satu alasan lainnya kenapa si cover ecobum gaa bocor karena dipaketkan dengan prefold ecobum yang memiliki daya serap cepat dan daya tampung banyak. Prefold seratnya alami lebih lembut, hipoalergenik (tdk berisiko tinggi menyebabkan ruam) so tetap aman dan nyaman bersentuhan dengan kulit anak (meskipun tanpa liner stay dry sekalipun) dan tidak bau pesing, keren banget kan?! Sedangkan, jika cover menggunakan insert maka biasanya sering bocor samping karena insert ukurannya lebih kecil dari permukaan cover, daya tampung lebih kecil dan daya serap tidak sebaik prefold, atau insert mudah bergeser krn tanpa snap, insert mikrofiber juga mudah banget bau pesing dan memicu ruam krn seratnya sintetis. Selain itu, yang paling enak dari prefold karena cara nyucinya ga pake aturan khusus dan banyak larangan ini itu (low maintenance), mudah bgt nyucinya, ngilangin noda pup juga gampang krn seratnya ga rapat jd klo kena pup tinggal semprot pake kran beraliran deras/ jetspray pup langsung luntur, ga perlu deterjen khusus atau pusing nakar deterjen, g perlu repot stripping, pokoknya pake prefold nyuci g ribet, bisa diabuse sesukanya he... mau cuci pake sabun mandi, sabun cuci piring, detergen apapun boleh, mau disetrika jg boleh (tp saya g pernah malah bikin repot he.. ), sama aja seperti nyuci baju sehari-hari tp jgn pake softener ya, perawatannya mudah dan praktis banget! Oia, klo mau dikucek boleh tp jgn disikat, dikucek lembut aja ya spy seratnya awet, hemat tenaga krn g usah pake disikat ngoyo2 he, kalo misalnya setelah nyuci prefold ada bekas noda kuning pup yang belum hilang jangan kuatir, noda itu akan hilang dengan sendirinya jika terkena sinar matahari, jemur prefold dibawah terik matahari spy cepet kering dan noda pupnya ilang. Setelah dijemur prefold akan kembali bersih. Seneng banget deh jadinya, prefold ecobum aku suka, aku suka, aku suka! hehehe...
Petunjuk pakai dan perawatan cover dan prefold ecobum
Petunjuk pakai dan perawatan cover dan prefold ecobum
Prefold ecobum fluffy (mengembang) dan super lembuuuuut!
Kalau sudah sering pakai clodi tipe cover lokal mesti pernah ngalami yg saya omongi tadi dan kalau pernah "pegang" prefold osocozy dan swadlebees dari blueberry maka akan tau bahwa kualitas prefold ecobum termasuk bagus namun harganya sangat terjangkau.
Menampilkan serat kain prefold kedua merk (swadlebees & ecobum). Foto kiri: prefold swadlebees size premium (setelah pemakaian 3 thn, awalnya warna & aroma saat baru kurleb sama dengan ecobum, namun makin lama warna jd memutih dan tiap prefold berbeda gradasi warnanya). Foto kanan: prefold ecobum size premium (onesize smart fit prefold). Mirip kan?! he.. ecobum bagus dan murah!

Tips memakai prefold:
- Ketika anak baru lahir (newborn) sampai anak berusia 3-5bulan (masih banyak terlentang, masih sering pup, konsistensi pup encer) gunakan prefold sebagai diaper fold dengan bantuan snappi/ boingo/ peniti bayi karena anak masih kooperatif dan belum banyak bergerak sehingga kalau anak pup kotoran tidak akan mengenai cover karena semua tertampung didalam prefold, gunakan tambahan liner stay dry untuk pemakaian lama (beberapa jam) agar kulit anak tetep merasa kering dan nyaman serta memudahkan proses mencuci pup.

- Namun, jika anak sudah aktif, volume pipis banyak, atau sudah mulai toilet training maka gunakan prefold sebagai soaker pad (insert), lipat prefold menjadi 3 bagian sehingga area penyerapan terpusat/ terkonsentrasi dan dapat menampung cairan yang banyak dengan cepat. Untuk belajar tatur, tidak perlu menambahkan liner stay dry agar anak menyadari sensasi basah dan akhirnya mau menggunakan toilet. Biasanya anak yang sudah MPASI dan makan konsentrasi pup padat sehingga risiko cover terkena kotoranpun kecil, cover dapat digunakan lagi berkali-kali, praktis dan irit, cucian pun jd berkurang, he...

Liner stay dry ada dua macam, yaitu dari bahan fleece dan suede. Saya lebih suka liner stay dry yang terbuat dari bahan suede karena lebih cepet menyerap cairan dan lebih terasa kering (stay dry) dibandingkan fleece.

Ingat supaya ukuran soaker pad pas maka letakkan prefold posisi horisontal baru dilipat 3 bagian, seperti gambar dibawah ini.
Cara melipat prefold menjadi soaker pad (insert) yang benar

Prefold SWADLEBEES (blueberry) VS ECOBUM
Berikut ini ilustrasi perbandingan antara prefold swadlebees (sister brand-nya blueberry) dan ecobum.
Ukuran prefold. Foto kiri: swadlebees dan foto kanan ecobum
Ukuran prefold. Dibawah: swadlebees dan diatas ecobum

Ukuran prefold saat dilipat jadi 3 bagian (sebagai soaker pad/ insert).
Dibawah: swadlebees dan diatas ecobum

Foto ilustrasi jika prefold digunakan sebagai soaker pad
 Foto kiri: prefold swadlebees (sister brand dr blueberry USA) size premium saat dilipat menjadi soaker pad terlalu lebar sehingga membuat agak ngangkang. Foto kanan: prefold ecobum size premium saat dilipat menjadi soaker pad lebarnya pas dan fit dengan lebar cover diantara leg gusset jd saat dipakai tidak membuat ngangkang dan bulky, slim & trim fitting.
- Cara pakai prefold untuk newborn jika memakai size premium (onesize) atau prefold yang ukurannya lebih besar dr newborn (infant, medium, premium), yaitu dengan melipat prefold dibagian perut kearah luar, seperti gambar dibawah ini.
Foto ilustrasi bayi memakai prefold sebagai diaper fold dengan bantuan snappi. Newborn menggunakan prefold size yg lebih besar, yaitu infant (medium) atau premium.
Jika menggunakan prefold ecobum maka bunda tidak perlu kuatir bulky krn meskipun prefold ecobum size premium namun ukurannya pas banget karena panjangnya 18", sementara size premium umumnya 21", ini bertujuan supaya ga bulky saat prefold dipake sbg diaper fold dan g kelebaran jika dilipat 3 sebagai soaker jadi pas dengan lebar cover dibagian kemaluan. Sumber foto: google.
Bunda masih bingung penjelasan saya diatas? Bagaimana cara melipat prefold, bagaimana cara memakai prefold, bagaimana cara pakai clodi,  bagaimana cara pakai prefold sebagai soaker pad, dll. Untuk lebih jelasnya, coba tonton video tutorial cara pakai prefold dan cara pakai clodi oleh Ecobum Indonesia dibawah ini, penjelasannya KOMPLIT!

Dalam video tutorial cara pakai clodi universal cover ecobum, modelnya adalah anak usia 2 tahun dengan berat badan 11 kg size M dan bayi berumur 11 hari dengan berat badan 3,5 kg size S, ini memperlihatkan bahwa bayi baru lahir/ newborn (0-30 hari) sudah bisa memakainya dengan slim, tight fitting, dan tidak bulky.

Universal cover masih bisa dipakai oleh anak umur 2 tahun hingga maksimal 4-5 tahun. UC memiliki ukuran cutting/ pola yang sama dengan original snap ecobum dan anak saya usia 3 tahun 8 bulan masih muat memakainya di size M. Ternyata, clodi pocket original snap juga bisa dipakai sebagai cover gantian sama universal cover ecobum, lho! Untuk REVIEW CLODI Pocket Original SNAP ECOBUM bisa baca disini.

Untuk cara pakai clodi lainnya bisa liat langsung di channel youtube ecobum indonesia disini

Untuk petunjuk cuci dan pakai sebenernya di booklet ecobum sudah lengkap, disertai foto tutorial step by step jadi sangat bermanfaat banget untuk newbie.
Prewash prefold 1:
Rebus prefold tanpa deterjen kurleb 10-15 menit
Prewash prefold 2:
Rebus prefold dengan deterjen kurleb 10-15 menit
- Daya serap dan daya tampung prefold akan maksimal setelah pencucian 3-5x (cuci-kering), biasanya prefold cotton unbleach masih mengandung oil cotton (minyak pada serat kain) yang cukup banyak krn tdk melalui proses bleaching/ pemutihan.
Cara prewash prefold: Rebus hingga mendidih prefold ecobum didalam panci berisi air hingga seluruh prefold terendam sempurna selama kurleb 10-15 menit (lihat air akan berubah menjadi kekuningan), matikan api kemudian masukan prefold kedalam ember atau bak berisi air yang sudah dilarutkan dengan sedikit deterjen menggunakan tongs (penjepit gorengan) atau tunggu sampai air menjadi hangat/ tangan kuat menyentuh airnya (jika tidak memiliki tongs), aduk dan kucek prefold hingga oil cotton luntur/ rontok (atau bisa juga deterjen langsung dicampur bersama air didalam panci dan direbus bersama2 dengan prefold), bilas hingga bersih tak berbusa, peras dan keringkan dengan mesin cuci (jika punya), jemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering.

Jika proses prewash kurang tepat maka memungkinkan oil cotton tidak lepas sempurna sehingga menutup pori serat prefold dan menyebabkan daya serapnya kurang maksimal bahkan kebocoran, namun apabila prewash sudah sempurna maka prefold akan lembuuuut skali dan  fluffy, bunda akan sangat menyukai kinerja prefold yang sungguh mengagumkan dan memuaskan.

Saya puas banget pakai produk2 dari ECOBUM, setelah bertahun2 memakai berbagai merk lokal dan import USA akhirnya terbukti kalo ecobum memang bener-bener clodi yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau, ga kalah kualitas bahan dan performanya dengan brand USA. Saya pribadi bangga pake ecobum dan sangat berterima kasih kpd ecobum yg akhirnya menghadirkan cover berdesain efektif dan prefold bermutu di Indonesia. Satu kata buat kamu ecobum, I love U!
Universal cover ecobum setting snap size M motif turtle, usia 17 bulan
Thank u ecobum, semoga trus inovatif dan sukses ya...
Untuk yg mau tau info produk lengkap dan dimana ecobum dapat dibeli, langsung aja cek distributornya di web ECOBUM.


UPDATE OKTOBER 2015

Di bulan Oktober ini, ternyata ecobum bukan hanya memberikan kejutan berupa tambahan fitur opening front flap pada tipe pant nya saja, melainkan juga menghilangkan fitur hip snap pada semua tipe clodinya yaitu pada universal cover dan original pocket diaper.
universal cover ecobum versi lama (memiliki hip snap)
Sebenarnya saya tidak pernah memakai hip snap ecobum karena anak sudah besar sekitar 1,5 tahun menjelang 2 tahun sehingga hip snap dibiarkan begitu saja ketika memakaikannya ke anak, itulah mengapa sebabnya saya tidak menonjolkan keunggulan atau manfaat hip snap untuk mencegah wing drop pd tulisan diatas. Tapi selama pemakaian ecobum slim, trim fitting, dan rapi, tidak mengalami wingdrop dan anak nampak nyaman saja, tidak mengeluh sakit lantaran tertekan hip snap yg tidak terpakai dan tidak nampak bekas hip snap di kulit paha jadi saya tidak pernah ambil pusing soal hip snap, saya merasa hip snap tidak adadan mengabaikan keberadaannya he...
wing drop pada clodi one row tanpa hip snap, contoh merek econobum
Menurut pengalaman saya selama ini, meskipun hip snap tidak pernah dipakai clodi ecobum sudah sangat stabil mencegah wing drop dengan kata lain selama dipakai cover ecobum TIDAK mengalami wing drop sama sekali karena desain snap adjuster lingkar pinggangnya double row dan wing ecobum lebih pendek dari kebanyakan wing clodi lainnya, jika wing clodi lainnya snap adjuster lingkar pinggang 10x2, berbeda dengan ecobum hanya 8x2 sehingga ketika dipakai lebih slim/ ramping. Lain ceritanya jika hip snap dihilangkan dr clodi dengan desain snap adjuster lingkar pinggang one row seperti NVME cover, cluebebe snap, dan charlie banana maka dapat dipastikan ke 3 clodi tersebut pasti akan mengalami wing drop sama seperti clodi one row yang tidak ber hip snap sperti econobum.

Jadi saya rasa tindakan yang diambil produsen ecobum untuk meniadakan hip snap sudah sangat tepat sekali, alasannya rasional, teruji, dan ilmiah, terobosan yg berani karena itu tandanya ecobum memperhatikan kenyamanan customernya meskipun saya rasa akan ada yg komplain krn anaknya masih bayi jd masih memakai hip snap tetapi jika anaknya sudah menginjak usia 6 bulan keatas dengan bobot montok/ gemuk maka hip snap tidak akan terpakai dan mungkin akan menekan kulit hingga membekas, well, at least buat saya itu tanda kalo clodi ecobum bukan clodi produksi massal murahan yg dibuat asal-asalan meskipun diproduksi di negeri tirai bambu sana, krn pada kenyataannya banyak brand2 besar premium import usa yg ternyata produksinya jg di China, sebut saja diantaranya rumparooz, fuzzibunz, grovia, charlie banana, bumgenius, dll.
Universal Cover ECOBUM versi baru Oktober 2015 tanpa hip snap
Padahal saya pengen sekali bisa menambah koleksi universal cover ECOBUM dengan memiliki versi barunya yg tanpa hip snap tapi apa daya belum kesampaian, nampaknya sangat sulit bersaing dengan para ibu2 dalam berburu memperebutkan si primadona, buktinya banyak online shop katanya langsung sold out di hari saat barang datang karena banyak yg sudah PO (pre-order) jauh hari sebelum barangnya ready, duuuuh ternyata sampe segitunya pamor UC ECOBUM, cetaaaaaar!

Daripada kelamaan nunggu, akhirnya saking penasaran saya putuskan untuk mengambil langkah melepas hip snap sendiri.

Cara Melepas Hip Snap
Alat:
  • Solder atau sehelai kawat (jika tidak memiliki solder)
Langkah:
  • Nyalakan solder atau panaskan ujung kawat dgn api diatas kompor.
  • Bentangkan popok bagian dalam menghadap keatas.
  • Tancapkan ujung solder atau kawat yang panas pada bagian poros atau pusat snap (seperti pada gambar 1) hingga bagian yang menonjol ditengah snap lumer.
  • Angkat solder atau kawat, letakkan ditempat yang aman.
  • Tarik dasar snap menggunakan ujung kuku hingga snap terlepas (seperti pada gambar 2), selesai.
  • Popok siap digunakan.
Gambar 1. Tancapkan ujung solder atau kawat yang panas pada bagian poros atau pusat snap (seperti pada gambar) hingga bagian yang menonjol ditengah snap lumer
Gambar 2. Lepaskan snap dengan cara menarik dasar snap menggunakan ujung kuku hingga terlepas
Voilaaaa.... Universal Cover ECOBUM setelah hip snap dilepas
Demikian tips cara melepas snap dan review clodi cover ecobum dari saya, selamat mencoba! 

55 comments:

  1. cover clodi ecobum enak ya, praktis dan irit, sama ja kaya pake clodi pocket g perlu sering2 ganti krn daya tampung prefoldnya banyak, ga bocor meski dipake sharian dan g cepet pesing kaya insert mikro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes mom, mgkn byk yg underestimate sm clodi tipe cover krn g sedikit yg sering alami bocor samping lantaran bahan penyerap (soaker pad/ insertnya) daya serap & tampungnya kurang baik, kan semua clodi tipe cover lokal pakenya insert mikro. Prefold ecobum oke bgt! covernya jg slim dan cepet kering! coba deh kenalan sm cover ecobum, mgkn akan berubah pikiran, he..

      Delete
  2. Infony lgkp skali, jd tau cara prewash prefold dan cara merawat cover clodi yg bener.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Nur, ikut seneng dengernya, semoga bermanfaat dan awet ya clodinya

      Delete
  3. Sebenernya kurang suka sama tipe cover krn pernah pake cover merk lokal lain yg famous IMHO cuttingnya bulky dan gampang bgt bocor, tapi setelah baca review sis kok cover ecobum oke bgt ya, dipake kliatan slim n prefoldnya jg bgs, racun banget niiii, he.. mesti dicoba! good review sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank u sis, coba deh cover ecobum, jangan underestimate dlu sama clodi cover yg 1 ini, aseli bikin ketagihan, praktis & cepet makenya gampang g ribet kudu masuk2in insert spt clodi pocket, low maintenance krn ngerawatnya gampang bgt, nyucinya jg simple g ribet byk aturan, irit cucian krn g repot bentar2 kudu ganti clodi (klo tipe pocket ganti cover kan ganti insert krn innernya jg kotor), tahan dipake seharian bahkan semalaman utk bobo ga bocor & g ruam. Harganya murah bgt, ga kalah deh performnya sama clodi pocket insert bamboo/ hemp.

      Delete
  4. Klo newbornnya belum puput/ lepas tali pusat bisa pake prefold dan cover ecobum g mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mom, menurut pengalaman saya newborn yg belum puput tali puser sdh bs pake prefold dan cover sekalipun pake cover one size dan prefold premie size (bukan khusus newborn/ petite size), hemat bs dipake smpe gede, he..

      Pakai prefold dan cover di bawah tali pusat jd g kan nekan puser, seperti gambar foto ilustrasi yg saya attached diatas, coba perhatikan posisi puser dan prefoldnya, puser ada diatas prefold so mommy g perlu kuatir akan menyakiti baby krn puser g ketekan, aman dan nyaman.

      Delete
  5. Marie, kalo cover NVME dan ECOBUM lebih slim yg mana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salasabila, lebih slim yg mana? tergantung penyerap yg dipakai oleh masing2 cover krn pd dasarnya menurut saya cuttingya sama2 slim, kalau mau ecobum cover lebih slim lg bs dipakein bamboo or hemp insertnya ecobum, bakalan slim banget, cukup pake yg short/reguler insertnya udah mantab bgt daya tampungnya.

      IMHO, kalau cover NVMe mau dipakein prefold akan bulky dan g fit krn g didesain untuk prefold, i think designed for inserts only, kalo ECOBUM didesain universal, coba aja bandingin ketinggian double leg gussetnya, double leg gusset ECOBUM tinggi sehingga menahan kebocoran dan menutup prefold dengan maksimal. Pilihan tergantung kebutuhan ya..

      Delete
    2. jadi lebih bagus yg mana, marie? tolong dong bikin review perbandingan antara nvme dan ecobum cover

      Delete
  6. Bun kalo mau pemakaian full baby masi 5 bulan full asi kira2 butuh berapa byk UC dan prefoldsnya ya supaya ga kejar tayang? Dan kl utk mau pemakaian lama berati masi harus di lapisi inner stay dry diatas prefoldsnya kan ya? Maaf newbie...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake prefold sbg diaper fold (dengan snappy seperti fitted), cukup punya cover 3, prefoldnya yg agak banyak min 1lsn. Kalo dipake sbg diaper fold kan pup semua akan tertampung di prefold so g akan mngenai cover jd butuh cover dikit aja, paling butuh prefold menyesuaiakan dg volume pee dan pupnya, stiap anak bs berbeda, anak saya sering bgt umur dibawah 1 thn sehari pup bisa 3-5x, kalo kaya anak saya minimal punya prefold 2 lusin spy g kejar tayang. Untuk daya tampung yg lebih banyak pemakaian malam/ bobo bisa pake prefold ecobum sbg soaker pad (dilipat seukuran insert) spy area penyerapan urinnya terpusat atau bisa pakai clodi pocket insert hemp atau bamboo ecobum mantab!

      Delete
    2. Kalau mau pakai sbg soaker pad butuh cover dan prefold ecobum brp say?

      Delete
    3. Kalau mau pakai sbg soaker pad butuh cover dan prefold ecobum brp say?

      Delete
  7. Bun. Kalau utk baby asi 5 bulan harus punya brp UC dan prefoldsnya ya spy ga kejar tayang cuciannya? Dan kalau mau untuk pemakaian lama berati tetap harus pakai inner stay drynya diatas prefolds? Maaf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya utk pemakaian berjam2 lamanya spt diapers (pospak) harus pakai liner stay dry supaya kulit bayi merasa tetap kering, kalo clodi pocket kan ada inner stay drynya baik dr bahan fleece/ suede/ bamboo carcoal fleece, kalo model cover kan ga ada innernya so prefold/ soaker pad nya harus ditambah liner, kcuali dipake saat anak ditatur maka g butuh liner stay dry spy anak belajar menyadari sensasi basah, lama kelamaan anak akan minta BAB dan BAK di toilet krn risih dengan lembab. Btw, jika pakai liner jg nyuci jd lebih mudah krn pup tertampung diliner.

      Delete
  8. Hi mom...
    Mau tanya untuk prefold butuh berapa ya untyk newborn. Lalu cover butuh berapa.apa 3 cukup?
    Panas nggak mom dg pakai cover? Krn pengalaman pakai clodi di anak pertama panas skali apalagi diruang tanpa ac. lalu terakhir apa perlu ya pakai liner utk dimalam hari. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Newborn cover 3 aja cukup krn dipakai spt fitted diaper (diaper fold) so kalopun pup smua pup akan tertampung didalam prefold, g akan mengenai cover, paling cuma nembus dikit bisa dilap tisue basah dan tissue kering. Prefold untuk newborn butuh minimal 2lusin krn frekuensi pup sering.

      G panas ko mom kan bahan PUL breathable beda dengan bahan jas ujan, popk plastik ikat atau payung yg tidak breatbhle so panas n bikin ruam.

      Liner perlu agar kulit merasa ttp kering, khususnya newborn spy pup tertampung di liner, inget newborn kan masih sering pup jd mmudahkan kita saat mncuci kotoran newborn dr clodi yg biasanya masih lengket dan berwarna pekat spt kuning kunyit atau item atau ijo daun, orang biasanya nyebut liner stay dry sbg tadah pup, ada yg disposble (sekali pakai, bioliner) atau washable (cuci pakai).

      Delete
  9. Baca review bunda marie jadi kepengen nih pake prefold, tapi kok saya tahunya telat anak saya udah 5bulan 😥 selama ini saya lake popok plastik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga telat ko bunda Ghaida, baru 5 bulan kan?! masih ada kesempatan, prefold ecobum bisa dipakai dari newborn sampe belajar toilet training ko. Klo prefold ecobum sizenya premium bs dipakai sampai kurleb 14kg sebagai diaper fold dg snappy, sedangkan klo dipakai sbg soaker pad bs sampe anak toilet training.

      Delete
    2. Buat bobo malam bisa berapa jam bun?

      Delete
    3. Pengalaman pakai prefold dan UC ecobum untuk bobo malam dr jam 8 sampe jam 6 pagi dan pernah seharian dari pagi sore g bocor meski ga ganti, tergantung frekuensi BAK dan volume urin anak

      Delete
  10. UC dan prefold ecobum ni bagus bgt ya, saking larisnya sampe susah diburu dan kudu pake po segala, SOLD OUT dimana2 :(

    ReplyDelete
  11. Mom.. aku pake uc n prefold gatot trus nihhh.. suka bocorrr.. kdg bocor samping...pernah malahan bocor belakang pas bo2 ..knapa yahhh hikss pdhl uda ketat bgt pakenya smp pas dbuka merah2 huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pakai berapa kali UC prefoldnya? klo pakainy udah tight fitting, berarti bs jd cara prewash prefoldnya belum tepat dan kurang sempurna, prewashnya seperti apa? pakai air anget2 kuku atau direbus? brp kali?

      biasanya yg gatot selalu bocor pake prefold karena prefoldnya masih banyak kandungan minyaknya so prefoldnya tidak dpt menyerap air krn pori2nya masih tertutup minyak, dikenal dg sebutan repellent/ nolak air, fenomenanya seperti air didaun talas tidak mau menyerap so akan mengalir ikut gaya gravitasi mencari celah.

      Maka lakukan prewash dg benar yaitu dg merebus prefold sampe air brubah warna jd kuning, prefold mngandung lbh byk minyak alami drpd hemp so butuh prewash berkali2, minimal 3-5x.

      Delete
    2. Uda pake skitar 4 5x. Bocor 3x hiks. Aku kmrin prewash prefoldsnya 3x dengan cara direndam di air rebusan. Tpi ga direbus bareng2. Prefoldsnya uda memgembang fluffy.

      Kdg klo pas bocor mmg si lucunya yg basah prefoldnya cm bagian belakangnya. Atau samping. Tpi tengahnya kering.

      Lalu kl aku rebus lagi skrg apa masi bisa spy dia maksimal? Krn kan sudah dipakai berkali2?
      Makasi ya mba..

      Delete
    3. Ya benar itu tanda belum maksimal prewashnya, seratnya belum sempurna menyerap, bisa jadi kurang lama atau kurang air saat merebusnya, setelah direbus apa dicuci dengan detergen dan dilakukan pembilasan sempurna? pencucian dengan deterjen itu penting untuk melarutkan sisa detergen dan minyak.

      tentu tetap bisa maksimal mom, g ada masalah meski sudah dpakai, rebus aja lagi beberapa kali, itu seperti kasus temen saya yg baru pertama kali pakai prefold karena belum tau kuncinya, setelah dia berhasil prewash dg merebusnya berkali2 akhirnya malah jadi jatuh cinta sama prefold ecobum karena daya serap cepat, daya tampung banyak dan cepet kering selain itu sgt praktis, dipake seharian dan bobo malam.

      Delete
  12. Lbh rekomendasi mana mba clodi pocket Ecobum atau uc? Anak ku 2 bln udah cb pk clodi lokal n merk cina tp kdg merah2 skitar tempat pup nya. Trus 1-2 jam aja udah lembab inner nya.. Prefold sm bamboo/ hemp bagus mana mb daya serap nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Clodi Ecobum semua rekomended mba baik yg pocket, UC ataupun pant, bagus2 semua, kembali lagi pada kebutuhan dan kesukaan masing2. Klo prefold untuk usia 2 bulan idealnya dipake sbg diaper fold spt fitted bersama snappy dan liner stay dry, buat siang pake UC, klo malam bs pake pocket Ecobum insert bamboo atau hemp, klo daya serap sama, tapi daya tampung lebih banyak hemp drpd bamboo dg jumlah lapisan yg sama, paket bamboo Ecobum dapat 2 yg reguler size/ short 4 lapis dan 2 lapis 3 folded (panjang lipat 3), hempnya sepaket dpt 2 pcs masing2 jumlahnya 4 lapis. Daya tampung dan daya serap tertinggi di prefold tp prefold lebih tebal jika dilipat sbg soaker pad dibanding bamboo dan hemp, idealnya dipakai sbg soaer pad kalo anak dah agak besar diatas 6-8 bulan spy g bulky. Top semua untuk bobo malam atau seharian g bocor daya tampung byk.

      Delete
  13. Mom, kl utk prewash hemp ecobum apa mesti di rebus juga ya? atw ckup rendam di air detergen aja sekitar 15 menit? aku bingung cara prewash hemp/bamboonya ecobum. Di google ga banyak tutorialnya kaya kalau mw prewash prefold.. Mohon bantuannya mom, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pencucian awal sebelum pemakaian pertama kali (prewash) insert organic cotton hemp dan bamboo ecobum sama seperti prewash microfiber dengan air biasa dan sdikit detergen atau menggunakan ecowash, hanya saja untuk prewash microfiber biasanya 1 x saja sudah cukup, tetapi utk material alami spt bamboo dan hemp butuh prewash lebih banyak agar daya serap dan tampung maksimal.

      Boleh jg prewash hemp dengan air panas.

      Delete
  14. Mba pake prefold lebih bagus pakai liner atau ga? Saya udah coba beberapa merk liner kok tetep lembab ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya pake prefold ecobum tanpa liner pun g akan bikin ruam paling hanya sedikit lembab aja klo dah penuh tp mnurutku g tlalu mnpengaruhi knyamanan, tetep bs bobo nyenyak sampe pagi meski tanpa liner dan g ruam sama sekali, tapi setiap anak kan berbeda ya, bs aja di anak saya lebih tahan sama lembab tp di anak mb deby belum tentu jd lembab dikit g nyaman dan risih minta ganti. Lebih bagus atau ga, perlu atau ga, tergantung kebutuhan, kalo utk toilet training g perlu liner, kalo utk diaper pake liner spy stay dry, untuk newborn sering pup liner mbantu bgt spy praktis, tinggal angkat liner dan bersihin linernya, meski g pake liner prefold ecobum jg gampang bgt dibersihkan krn pori2 kainnya langsung terbuka saat disemprot air jd kotoran lgsg rontok. Klo pake liner yg jenis fleece memang lebih lembab trutama kalo abis dipipisi, g bs lgsg kering, kcuali pake liner yg dr bahan suede. Klo fleece yg lumayan bagus pake GG, kalo suede pke lipop. Boleh tau mb deby pake liner merk apa? klo g pake liner anaknya nyaman g? umur brp mb anaknya?

      Delete
  15. Hi mba Marie,
    Saya kan punya insert hemp, combo hemp+micro, dan bamboo ecobum, bisa ngga klo mreka prewashnya dibarengin. Rencananya mau saya gabung rendem air hangat+ecowash, trus baru dimasukin mesin cuci bentar+spin. Udah betul ngga ya caranya begitu? Saya takutnya mreka saling transfer natural oil dan jadi water repellent. Tolong saran dan bantuannya yah. Makasih, mba. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba sani, mnurut pngalaman insert hemp, combo hemp+micro, dan bamboo ecobum bisa diprewash bareng, kandungan natural oil hemp sedikiiit sekali, beda dengan prefold jd its not big problem, g usah kuatir nti bs ilang mlalui proses pembilasan.

      Rencananya mau saya gabung rendem air hangat+ecowash, trus baru dimasukin mesin cuci bentar+spin. Udah betul ngga ya caranya begitu?

      boleh, klo untuk mikro dan bamboo air biasa jg gpp, mikro g boleh kena air panas ya, klo prewash hemp paling bgs dg air panas. Kalau pake mesin cuci dan ecowash g pake direndam dlu jg gpapa, langsung aja masukin k mesin cuci smp proses spin slesai.

      smg jawabannya ckp mbantu ya

      Delete
  16. Hi mom
    Saya mau tanya untuk newborn. Kalo cover lg kosong baiknya pakai yg pocket atau pant ya? Ada yg bilang pake pocketnya kok merah paha,mending ambil pull up pant bisa sampai baby jalan. Gimana mom bingung mau beli yg mana. Pengalaman anak pertama lahir bb nya kcl 2.5. Ini buat anak kedua due sudah dekat.
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga

      Sebenernya baik pocket ataupun pant sama2 bisa dipakai sebagai cover dan sama2 bisa dipake sampe anak 4 tahun,kalau pocket cutting sama spt universal cover bs dpake minimal bb newborn bayi baru lahir 2.9 atau 3kg, sedangkan pant dipake newborn umur 2bln berat minimal 4-4,5kg, lebih lengkapnya bisa baca disini ya:http://clodireview.blogspot.co.id/2016/01/review-clodi-ecobum-pocket-original-snap-dipakai-sebagai-cover-seperti-universal-cover-uc.html?m=1

      Merah paha mungkin bs jd krn setting kekencengan atau krn msh baru atau alergi dll bs coba ditanyakan apa penyebabnya mom krn selama anak2 pakai baik2 aja, cutting pocket sama dg cutting cover, cutting pant lebih kecil sepertinya,jadi coba ditanyakan kalau pakai tipe uc atau pant bagaimana Apa paha anaknya jg merah, selalu merah atau hanya sekali harus dicari penyebabnya.

      Delete
    2. Untuk tiny newborn atau bayi baru lahir yang prematur atau berat badan lahir rendah bs manfaatkan fitur cross over snapnya ecobum pocket dan UC tapi maaf saya ga bisa ngasi reviewnya karena belum pernah pakai fitur ini.

      Delete
  17. Skrg ini lg Susan bgt bund nyari yg tips cover. Masak smua distributor yg ada di list dihubungi, ga ada stock Uc smua? :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya katanya barang cepet sold out pas datang, coba aja kontak distributor langsung mba Ismy, good luck

      Delete
  18. Mb mau nanya,utk newborn yg msh sering pup, pakai cover universal dan prefold plus liner stay dry ya. Naah liner stay dry kyk gmn mb bntknya? Belinya dmn? Dr bhn apa yg bgs utk newborn? Mksh byk infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ditonton video tutorial ecobumnya mba yang saya attached diatas, nanti ada gambar dan cara pakai liner seperti apa. Fleece lembut dan ga mudah "berpasir" permukaannya tp lebih lembab, suede yg ada merek lipop, ini lebih stay dry, tapi tidak selembut n selentur fleece dan mudah berpasir setelah sering cuci kering pakai.

      biasanya onlineshop yang menjual clodi menyediakan aksesoris clodi spt liner atau insert ekstra, dll

      Delete
  19. Mba boleh ga cuci prefold ecobum pakai ecowash ball dengan menggunakan mesin cuci? Perlu berapa kali bilas? Boleh dikeringkan dengan mesin cuci juga?

    ReplyDelete
  20. halo mbak, aku tertarik untuk beli UC ecobum.. yang ingin saya tanyakan apa perbedaan prefold diaper dan soaker pad ? apakah 2 cara tersebut bisa digunakan untuk newborn baby ? dan untuk liner nya lebih baik beli yang berbahan suede atau fleece yaa ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksudnya cara pakai prefold sebagai diaper fold dan sbg soaker pad ya,klo diaper fold pakainya dilipat spt popok tali hanya saja krn g ada tali maka pengaitnya dengan baby pin/peniti atau boingo atau snappi. Kalau sbg soaker pad diletakan diatas cover langsung tentunya setelah prefold dilipat seukuran soaker/insert spy fit.

      Penyerap urin baik bahan microfiber,hemp,bamboo,combo,prefold,atau bahan modified (kaos,handuk,dll) DISEBUT Sebagai SOAKER apabila penyerap urin tersebut diletakan langsung dipermukaan cover (pada clodi tipe cover/ai2) atau diatas permukaan inner (pd clodi yang memiliki lapisan inner)

      Dan penyerap urin disebut INSERT apabila penyerapnya DIMASUKAN (INSERTED) kedalam pocket (pada clodi tipe pocket).

      Bisa,namun newborn disarankan dengan cara diaper fold karena masih sering pup dan encer sehingga tertampung didalam prefold dan tidak mengotori cover.

      Saya lebih senang bahan suede lebih kering meskipun memang tidak lentur dan selembut fleece.

      Delete
  21. Yang ecobum designnya bagus.

    ReplyDelete
  22. Kalau prefold/insert belum penuh tp udh kena pup apa harus diganti semua atau boleh ganti liner nya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sudah ada basahan yg nembus atau terserap oleh soaker/prefold harus diganti semua sebab ada zat asam dan kuman dalam cairan poop yg akan berkembang biak disana,risiko ruam.

      Delete
  23. bisa ga y mba kalo liner diganti popok kain biasa yg ada talinya dg cara dilipat supaya pupnya ga kena soaker pad?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liner dan popok kain tali biasa merupakan 2 bahan yang memiliki sifat berbeda,tidak bisa saling menggantikan,sebab liner sifatnya stay dry,sedangkan popok tali bahan cotton &/ dengan campuran polyester tidak stay dry.

      Jika pakai popok tali sebagai alas/lemek alasannya supaya tidak mengenai soaker pad rasanya tidak ada jaminan jika noda tidak nembus/ tidak kena soaker pad, yang jelas sama sulitnya membersihkan noda poop pada bahan popok tali dan bahan soaker pad dari bamboo,hemp atau mikrofiber terutama noda poop newborn atau bayi ASI ekslusif sebab masih berbentuk pasta atau cairan kental berwarna kuning kunyit.

      Jika pakai prefold meski tidak pakai liner apalagi popok tali sebagai alas pun prefold sangat amat mudah dibersihkan dari noda poop, cukup semprot dengan jet spray atau kran yang deras kotoran akan rontok. Jika ada noda yang masih meninggalkan bekas,gunakan sinar uv matahari dengan menjemurnya menghadap sinar matahari yang teduh (sunbleaching) dan noda akan memudar/hilang secara ajaib.

      Delete
  24. Ummi mau tanya untuk prewash apa ada bedanya antara prewash prefd dan insert combo punya ecobum?
    Selama ini saya gabung semuanya (prefold bamboo, hemp, insert combo) direbus selama 10 menit. Trus dicuci pake deterjen sepucuk. Dikeringkan. Terus direbus lagi. Keringkan. Trus cuci pake air dingin. Keringkan. Tp kol daya serapnya kurang sempurna ya, masih bocor samping waktu prefold nya dipake sbg diaper fold. Apa kurang bener prewash nya ato gimana? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya di hang tag ecobum dah dijelaskan cukup komplit bun.

      Prefold dr bahan natural dan karena unbleached/tidak melalui proses pemutihan maka cara prewashnya dicuci menggunakan air panas atau direbus tujuannya supaya minyak alami yg menutupi pori serat kain hilang.

      Hemp dan bamboo ecobum juga bahan natural seperti blueberry selain mengandung hemp(rami) dan bambu juga ada kandungan cotton/kapas,tetapi karena komposisinya ga 100% kapas seperti prefold maka minyak alami kapasnya pada insert hemp dan bamboo sedikit jadi insert hemp dan bamboo cukup dicuci air dingin atau air hangat.

      Sedangkan bahan sintetis seperti mikrofiber dan cover (snap,karet paha,bahan PUL) TIDAK boleh direbus dan dicuci dengan air panas karna bisa merusak bahan:mikro serat menciut kaku,snap lepas,karet melar,pul ngelotok. Seperti mencuci baju biasa karna hampir semua bahan sintetis (polyester) kalo pake air yg terlalu panas ga baik utk baju,merusak kelembutan, elastisitas bahan dan karetnya (kaos kaki,pakaian dalam,dll)

      Setelah prefold diprewash 3x mengapa prefold masih bocor?

      Prefold makin sering dicuci makin baik penyerapannya. Baru 3x ya? Petunjuknya prewashed 3-5x, bahkan web resmi clodi luar negri nyaranin prewash bahan natural 5-8x.

      Coba dites serap,tuang air diatas prefold,apakah langsung menyerap atau mengalir begitu saja seperti menuang air diatas payung.

      Jika menyerap BERARTI memakaikan prefold belum rapat,pake sampe ngepas di paha dan perut, di video turorial ecobum kayanya stepnya lengkap,setelah makein disuruh ngecek sekeliling paha dan pinggang sudah rapat atau belum prefoldnya?! Tidak boleh ada celah terbuka pada prefold dan cover apalagi kalau posisi tidur miring,coba ditonton ada kok di youtube.

      Jika tidak menyerap BERARTI proses prewash belum sempurna,setelah direbus lalu ditiriskan,kemudian dicuci:rendam dengan detergen (prewash cuci prefold pakai detergen yg agak banyak supaya minyak banyak luntur),kucek2,dan harus dibilas berkali2 dengan air yg banyak,jika kurang air atau bilasnya kurang nanti minyak alami tetep nempel di kain dan ga kebuang bersama air bilasan,setelah dibilas peras dengan cara diremas atau dikepal lembut,jika keringkan dengan mesin cuci pakai jala (laundry net) dan setting mesin dry low(putaran rendah/lembut dan cepat) supaya serat kain lebih awet. Prewash selanjutnya bisa diulangi ngerebusnya jika dirasa masih ada minyaknya (prefold diraba masih terasa berminyak/ licin) atau dicuci seperti biasa tanpa direbus.

      Jika yakin minyak alami pada prefold sudah hilang,boleh nyuci dicampur dengan clodi dan insert lainnya. Jika masih ada kandungan minyaknya nyuci jangan dicampur,di kemasan ecobum juga ada petunjuknya,disuruh nyuci prewash terpisah untuk cegah oil transfer/minyaknya nempel ke bahan lain.

      Penting membaca petunjuk pada kemasannya dengan seksama sebelum action.

      Delete

 
Review berbagai merk clodi Blog Design by Ipietoon